4 Makanan penambah darah paling ampuh

1 4

Penyakit anemia merupakan suatu kondisi pada tubuh yang mengalami kurangnya sel sel darah merah dari jumlah normalnya.

Penyakit anemia juga bisa terjadi karena kekurangan hemoglobin  pada sel darah merah,apa itu hemoglobin ?
Hemoglobin adalah zat besi yang memberikan warna merah pada darah, zat inilah yang membantu  menyalurkan sel sel darah merah yang membawa oksigen dari paru paru.

Ciri ciri terkena anemia

  • Badan terasa lemas
  • Sering pitam saat bangun dari tidur
  • Wajah pucat
  • Kepala pusing dan mual

Hal yang menyebabkan anemia

  • Sering begadang
  • Makan tidak teratur
  • Kecapekan
  • kurang mengkonsumsi zat besi

Anemia sendiri kerap terjadi pada anak muda maupun orang tua yang kekurangan zat  besi pada tubuhnya.

Berikut ihaxor akan memberikan rekomendasi makanan yang kaya akan zat besi yang bisa digunakan sebagai obat penyakit anemia.

4 Contoh makanan penambah darah

1 Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah di temui,bayam merupakan sayuran yang banyak mengandung nutrisi dan merupakan sayuran rendah kalori,sayuran ini mengandung kalsium,Vitamin A,B9,E dan C,Bayam juga mengandung zat besi yang cukup banyak.

Peniliti menemukan bahwa 1/2 gelas bayam direbus mengandung 3,2 mg zat besi.

Oleh karena itu ihaxor.com merekomendasikan sayuran ini sebagai obat penambah darah, selain mudah ditemukan bayam juga sayuran dengan harga terjangkau,jadi semua kalangan dapat menggunakanya sebagai obat anemia.

 

2 Daun singkong

Siapa yang tidak kenal daun singkong ? selain rasanya yang lezat daun singkong juga mengandung vitamin B1, B2, C, karotenoid, dan 109 mineral lainnya, seperti fosfor, magnesium, potasium, kalsium dan zat besi , banyak bukan khasiatnya ?

Selain mudah ditemui daun singkong juga sangat terjangkau , maka dari itu ihaxor merekomendasikan daun singkong sebagai obat anemia yang paling ampuh.

Baca juga : 6 Tips sukses menaikan berat badan

3 Madu

Madu merupakan salah satu bahan makan yang sehat dan alami,rasanya yang manis madu menjadi favorit di kalangan banyak orang.
siapa sangka madu banyak mengandung zat yang baik untuk tubuh,Madu mengandung zat besi,protein dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Konsumsi 1 sendok madu di pagi hari sebagai obat anemia,anda juga bisa mencampurnya dengan segelas teh lemon sebagai variasi.

4 Daging (Kambing dan Sapi)

Daging merupakan sumber zat besi non heme,zat besi terbagi menjadi dua yaitu heme dan non heme .

Zat besi heme didapatkan dari tumbuhan sedangkan zat besi non heme dapat ditemukan di daging merah segar,untuk penderita anemia
mengkonsumsi daging sangat baik untuk menaikan hemoglobin pada sel darah.

Direkomendasikan untuk mengkonsumsi bagian jantung,ginjal dan hati ,pasalnya pada bagian tersebut bagian yang mengandung zat besi paling banyak , selain mengandung zat besi daging juga mengandung nutrisi untuk yang baik untuk tubuh.

Baca juga : Pantun + ucapan selamat hari raya idul fitri


Sebenarnya penderita animia tidak harus berfokus untuk mengkonsumsi makanan penambah darah saja,sebaiknya penderita penyakit anemia selalu menjaga pola hidup sehat,anda juga di anjurkan untuk konsultasi ke dokter.

 

 

Facebook Comments
1 Comment
  1. […] baca juga : makanan penambah darah paling ampuh […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.