9 Tanda Kamu Dewasa Secara Mental Bukan Usia Maupun Fisik

0 2

9 Tanda Kamu Dewasa Secara Mental Bukan Usia Maupun Fisik.

 

Ihaxor. Dewasa ialah sebuah tahap dalam kehidupan yang akan dicapai setiap orang. Karena pada dasarnya setiap orang akan tumbuh dan berkembang. Tapi tahukah kamu bahwa dewasa itu tidak melulu tentang umur ataupu fisik seseorang.

Karena proses menjadi dewasa tak bergantung pada faktor usia ataupun fisik melaikan harus secara mental dan dibarengi dengan perubahan sikap, sifat, perkataan, dan tentu saja perbuatan. Untuk menjadi dewasa harus dari dalam diri kita, dan memang tergantung juga pada kemauan kita untuk lebih berkembang.

 

Nah, berikut ini tanda-tanda kamu telah dewasa secara mental bukan hanya umur ataupun fisik :

1. Berpikir Terbuka.

Orang yang dewasa secara mental biasanya berpikir terbuka akan segala situasi karena sudah memiliki pola pikir yang matang tidak egois, sehingga kamu akan terlihat lebih menghargai orang lain dan diri sendiri walau terkadangkamu tidak menyukai hal-hal tersebut.

 

2. Banyak Memaafkan.

Mudah memaafkan biasanya tanda kamu dewasa secara mental. Namun hanya seseorang yang dewasa secara mental yang mampu mengendalikan emosi dan amarahnya. Kamu tidak muda marah dan lebih memilih meminta maaf. Bahkan mereka mampu menahan emosinya didepan banyak orang dan mampu menjaga perkataanya untuk tidak berbicara kasar.

 

3. Menghargai Waktu.

Dengan berkembangnya sifat seseorang menjadi dewasa, mereka akan lebih menghargai waktu. Selain itu, kamu juga akan semakin pintar membagi waktu dan juga mengerti apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dan memprioritaskanya. Kalau kalian sudah bisa melakukan manajemen waktu yang baik sehingga hari-hari kalian bisa terisi dengan kegiatan yang bermanfaat, itu tandanya kalian sudah mulai dewasa. Jika kalian sudah pandai memanajemen waktu, pastinya kalian juga akan mudah membuat skala prioritas dan juga mudah untuk memahami betapa berharganya waktu.

 

4. Meningkatnya Kemampuan Komunikasi.

Orang yang dewasa secara mental akan memahami jika pendapat orang lain sama berharganya dengan pendapat dirinya, sehingga tidak akan menjatuhkan dan meremehkan pendapat orang lain. Meskipun kamu memiliki pendapat yang menurut kamu benar, sebagai orang dewasa kamu harus menghindari perdebatan dengan menurunkan ego yang dimiliki. Karena komunikasi yang berkualitas dan efektif menjadi pilihan utama bagi orang yang telah dewasa secara mental.


baca juga : sejarah suku jawa di Amerika


5. Mampu berkorban untuk orang lain.

Orang yang dewasa secara mental tidak akan bersikap egois. Mereka mengerti bahwa manusia itu saling membutuhkan. Kerap kali mereka rela berkorban dan menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri bahkan saat mereka memiliki masalah, urusan dan tujuan sendiri. Tetap saja tidak membuat mereka melupakan orang di sekelilingnya.

 

6. Sadar bahwa bahagia bisa diciptakan sendiri.

Uang yang banyak, pakaian yang bagus, teman yang banyak atau rumah yang bagus membuat bahagia itulah anggapan ketika masih anak-anak. Berbeda saat kamu dewasa  kamu akan menyadari bahwa kebahagiaan tidak tergantung pada barang apalagi seseorang. Kebahagiaan justru datang dari diri sendiri dan hal-hal kecil yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

7. Berpikir Matang.

Berpikir sebelum bertindak atau seperti pepatah apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu tuai. Mereka yang dewasa secara mental mengerti betul bahwa akan ada balasan untuk setiap perbuatan. Tidak jarang membutuhkan waktu lama untuk berpikir sebelum memutuskan sesuatu. Bukan karena lamban dalam memutuskan tapi karena mempertimbangkan setiap aspek dan risiko yang akan terjadi kedepanya.

 

8. Menghargai waktu.

Semangkin dewasa seseorang, maka akan lebih menghargai waktu. Jika kamu sudah bisa melakukan memanajemen waktu dengan baik, pastinya kamu akan mudah membuat skala prioritas dan juga mudah untuk memahami betapa berharganya waktu. Selain itu, kamu juga semakin pintar membagi waktu dan juga memprioritaskan hal apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Setelah kamu bisa melakukan manajemen waktu yang baik itu tandanya kamu sudah mulai dewasa.

 

9. Tidak mudah terhasut.

Pada saat ini banyak berita-berita tidak jelas atau hoax yang tersebar melalui internet, khususnya melalui media sosial. Berita-berita yang penuh isu SARA dan Politik pun banyak dijumpai. Berita-berita ini banyak yang bernada hasutan dan ajakan untuk membenci orang lain. Jika kamu sudah dewasa, berita-berita semacam ini tak akan mampu menghasutmu. Hasutan dari orang lain yang tak sesuai dengan pemikiranmu juga tak akan bisa dengan mudah menghasutmu. Kedewasaan akan memunculkan prinsip dan pendirian. Karena itulah berita yang tidak jelas tidak akan cukup untuk menggoyahkan prinsipmu.

 

 

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.