Tanda Tanda Hamil dan Tips Awal Kehamilan

Ciri Ciri Hamil Yang Wajib kamu ketahui dan tips Seputar Kehamilan

1

Kehamilan biasanya dapat kita ketahui dengan cara melakukan tes kehamilan. Tapi tahukah kamu bahwa tanda awal kehamilan juga terkadang tidak terdeteksi dengan test-pack.

Biasanya kita mengetahui wanita hamil saat melihat beberapa tanda umum, seperti mual dan muntah-muntah dan tidak kunjung haid.

Tanda – tanda hamil

Setiap wanita mengalami tanda – tanda kehamilan yang berbeda – beda baik hamil anak pertama atau setelahnya, bahkan terkadang tanda – tanda kehamilan tidak disadari oleh sebagian wanita.

Kehamilan dapat diketahui dengan memperhatikan tanda – tanda seperti perubahan fisik dan suasana hati bahkan terkadang seperti tanda akan mentruasi, Berikut ini tanda- tanda hamil yang biasa terjadi di awal kehamilan.

baca juga : ciri ciri hami anak kembar

Ciri -ciri Awal Kehamilan

1. Kram Perut

Kram perut ini menyerupai saat seorang wanita mengalami mentruasi, tak jarang sebagian wanita mengira mereka mengalami awal pendarahan mentruasi. Kram perut yang disertai sakit pinggan dan pusing.

 

2. Terlambat Mentruasi

Pada saat calon janin mulai menempel pada dinding rahim, tubuh wanita akan memproduksi  hCG (human chorionic gonadotropin) yakni hormon yang membantu tubuh mejaga kehamilan. Hormon inilah yang akan menghentikan mentruasi setiap bulannya.

Para wanita mulai tidak mentruasi 4 minggu setelah proses pembuahan terjadi. Oleh sebab itu terlambat mentruasi bisa saja menjadi tanda awal kehamilan, walau terkadang ada sebagian wanita yang memiliki siklus mentruasi yang tidak teratur.

3. Pendarahan Ringan

Pada saat sel telur menempel pada dinding rahim, proses penempelan ini dapat berakibat rusaknya pembulu darah pada diding rahim yang menyebabkan pendarahan ringan.

Pendarahan ringan terjadi pada pada kurun waktu 6 – 12 hari sel telur dibuahi, pendarahan disini bisa hanya seperti flek atau bercak darah yang tipis dan sedikit.

4. Perubahan Pada Payudara

Awal kehamilan basanya terjadi perubahan pada payudara. Payudara akan menjadaji bengkak, sedikit lebih berat dan sakit. Puting payudaran biasanya akan berubah juga menjadi lebih gelap. Gejala ini sedikit menyerupai saat mengalami mentruasi.

Perubahan tersebut terjadi karena tubuh anda sudah menyiapkan diri untuk menyusui bahkan saat awal kehamilan, pada saat saat seperti ini aliran darah ke payudara akan meningkat dan saluran susu mulai mengembang.

5. Sering buang air Kecil 

Pada minggu – minggu pertama hormon hCG mulai diproduksi oleh tubuh sehingga menyebabkan aliran darah ke panggul meningkat, inilah mengapa wanita hamil lebihsering buang air kecil dari biasanya.

6. Mual-mual

Mual- mual salah satu tanda yang paling umum dan yang paling terkenal, gejala mual biasanya terjadi di pagi hari, pada saat akan makan sesuatu atau hal -hal tertentu.

Mual- mual biasanya terjadi pada saat usia kehamilan mencapai 4-6 minggu dan akan berlangsung sampai ke minggu 12.

7. Pusing

Pada saat awal kehamilan biasanya tekanan darah akan menurun  karena pembulu darah melebar utuk mingirim lebiih banyak darah ke dalam rahim.

Pusing juga bisa menjadi gejala darah rendah pada ibu hamil yang sering terjadi karena sang ibu kelelahan, kadar gula darah rendah dan stres.

baca juga : nama bayi laki-laki keren

8. Sembelit

Sembelit terjadi karena perubahan hormon pada saat kehamilan, Tingkat progesteron yang tinggi juga mempengaruhi kerja usus rileks sehingga mempersulit buang air besar (BAB) atau mengakibatkan sembelit.

9. Sakit Pinggang

Tanda yang berikutnya adalah sakit pinggang. Lokasi nyeri di bagian bawah punggung, hal ini dapat terjadi karena dampak dari sembelit di awal kehamilan dan perut kembung.

Sebaiknya untuk mengatasi hal seperti ini dengan mengkomsumsi obat pereda sakit punggung. Posisi tidur ibu hamil pun dapat mempengaruhi.

10. Suhu Tubuh Tinggi

Peningkatan suhu tubuh juga bisa menjadi indikasi ibu hamil. Namun tidak seperti demam peningkatan suhu tubuh disini hanya saat pagi hari  saat bangun tidur.

11. Perubahan Nafsu Makan

Pada awal kehamilan biasanya terjadi perubahan nafsu makan. Dengan adanya gejala mual dapat membuat nafsu makan menurun namun ada juga yang mengalami peningkatan nafsu makan.

Hal seperti ini adalah hal yang wajar karena pertumbuhan janin di dalam kandungan, pertumbuhan janin pada kandungan menyebabkan peningkatan nafsu makan, ditandai dengan mudah lapar dengandemikian sebaiknya ibu hamil mengkomsumsi makanan yang kaya nutrisi, makan sering dalam jumlah ringan dan juga cemilan yang sehat.

12. Perubahan Suasana Hati 

Perubahan perasaan yang mendadak juga menjadi pertanda ibu hamil. Perubahan emosi secara mendadak sering di alami ibu hamil yang berakibat tidak setabilnya suasana hati.

Dalam hal ini seperti bisa sangat senang kemudian marah dan kemudian sedih secara tiba – tiba. Dalam hal ini menuntut agar para suami lebih pengertian agar sang bunda tidak mudah stres.

Baca juga : nama bayi perumpuan islami

 

 

Tips Awal Kehamilan

 

Kehamilan suatu hal yang sangat ditunggu – tunggu dan sangat mengembirakan terhusus bagi pasangan yang baru menikah. Tapi bagi pasangan yang baru menikah kehamilan anak pertama dianggap sebagai hal yang berat, biasanya karena pengalaman pertama jadi sangat kawatir.

Gejala yang timbul pada awal kehamilan adalah mual dan muntah (morning sicness) merupakan hal yang biasa dialami setiap ibu pada awal kehamilan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon pada saat ibu hamil muda, biasanya hal ini dipicu karena mencium bau tertentu dan bau – bau yang menyengat. Hal ini menjadi penyebab ibu hamil sulit untuk makan. Padahal saat awal kehamilan merupakan fase yang sangat penting untuk pembentukan si janin.

Makanan yang bergizi sangat diperlukan pada masa awal kehamilan, sebaiknya para ibu perbanyak mengkomsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan hindari makanan yang akan membahayakan sih bayi.

 

Tips Menjaga Kandungan di Trimester Pertama.

Mual dan muntah adalah hal yang sering terjadi di awal kehamilan untuk itu para orang tua harus memiliki cara untuk menghadapi hal tersebut. Gaya hidup, pola makan dan tuntutan pekerjaan menjadi hal yang sulit dihadapi, jangan sampai hal tersebut membuat para ibu melupakan bahwa si janin harus menerima asupan Gizi yang cukup. Para ibu harus lebih berhati – hati dalam memilih makanan dan minum yang baik untuk sih janin.

Nah, berikut ini cara supaya terhindar dari ketidak normalan sih janin di awal kehamilan:

1. Memenuhi Asupan Nutrisi

Pada trimester pertama janin sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan. Pada trimester pertama sering sekali terjadi keguguran salah satu penyebabnya adalah kebutuhan nutrisi yang kurang untuk sih janin.

Pastikan makanan yang dikomsumsi benar- benar sehat dan bebas pengawet dan bahan kimia yang berbahaya untuk pertumbuhan sih janin.

baca juga : faktor penyebab hamil anak kembar

2. Rajin Olahraga

Rajin berolahraga guna meningkatkan metabolisme tubuh agar para ibu tetap sehat hingga masa persakinan tiba. Selain itu dengan meningkatnya metabolisme tubuh asupan makanan yang bergizi akan lebih muda dicerna.

Para ibu sebainya hanya melakukan olahraga ringan dan santai seperti jalan santai atau jogging bisa juga senam dan yoga.

3. Rajin Kontrol ke Dokter Kandungan

Pada dasarnya kontrol  dan konsultasi ke dokter kandungan adalah hal yang seharusnya dilakukan ibu hamil terlebih pada trimester pertama sangat di anjurkan konsultasi secara rutin.

Dengan kontrol secara rutin biasanya akan diamati dengan seksama perkembangan janin melalui bobot janin. Perkembangan si janin dapat dilihat melalui USG, disamping itu ibu hamil juga lebih terkontol kesehatanya.

4. Istirahat Yang Cukup

Pada masa awal kehamilan butuh banyak penyesuain sering kali pola kerja dan tuntutan pekerjaan membuat para ibu kurang istirahat, karena pada trimester awal saat ibu hamil mengalami kelelahan kurang istirahat dan stress akan menyebabkan keguguran.

5. Mengontrol Amara

Pada masa awal kehamilan sering kali para ibu mengalami perubahan emosi yang mendadak hal ini terjadi karena ketidak seimbangan hormon. Meredam emosi adalah hal yang tepat agar para ibu tidak stress terlebih lagi para ibu yang memiliki riwat hipertensi.

 

 

 

 

1 Comment
  1. arron sang penulis abal abal says

    sangat menginspirasi tulisannya, terimakasih telah membuat ini admin

Leave A Reply

Your email address will not be published.