6 Fakta Unik Suriname Negara Suku Jawa di Amerika

1 24

Tidak hanya Madura dan Medan saja , Jawa juga dikenal dengan suku yang suka merantau .
Buktinya hampir diseluruh wilahayah Indonesia pasti ada orang Jawa,Bahkan jika kita lihat sejarah tidak hanya Indonesia,suku Jawa juga merantau sampai luar negri.

Suriname adalah bukti nyatanya, Suriname memang bukan di isi dengan 100% suku Jawa,meskipun demikian Jawa adalah ikon yang sudah lekat dengan Suriname.
Dulunya orang Jawa di Suriname adalah asli orang Indonesia yang dipaksa Belanda untuk merantau ke Suriname.

Mengunjungi Suriname sama seperti datang ke jogja atau daerah Jawa lainya,Bukan hanya karena penduduk Suriname yang mirip dengan orang Jawa,tetapi juga cara bergaul dan berbahasanya.

Berikut fakta fakta tentang Suriname :

1 Sejarah Jawa di Suriname

Jawa-di-suriname (1)
Suku Jawa di Suriname

Jauh sebelum Pemerintah Republik Indonesia ke Suriname,pemerintah kerajaan Belanda sejak tahun 1890 – 1939 telah mengirimkan 32rb TKI asal pulau Jawa ke Suriname.
Ternayata dulunya Suriname sama seperti Indonesia yang dijajah Belanda,oleh sebab itu saat Suriname krisis dan kekurangan tenaga kerja banyak orang Jawa yang di paksa merantau kesana.

2 Suriname Terletak di Benua Amerika

Jawa-di-suriname (2)
Peta Negara Suriname

 

Suriname berbatasan langsung dengan beberapa negara,sebelah timur berbatasan dengan francis,sebalah barat berbatasan dengan guyana,sebalah selatan berbatasan dengan Brazil dan Utara berbatasan dengan Samudra Atlantik.
Gak disangka ya kita punya suadara yang jauh di belahan benua amerika.

3 Ibu kota, Mata Uang dan Bahasa resmi Suriname

 

Sama seperti negara lain Suriname juga mempunyai ibu kota bernama Paramaribo,Sementara mata uang bernama dollar Suriname atau dikenal juga dengan SFD .
Negara ini mempunya penduduk kurang lebih 597.927 Jiwa dan menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa resminya.

Baca Juga : 200 kata kata bijak fiersa besari

4 Didi Kempot Pupuler di Suriname

Jawa-di-suriname (4)
Pengalaman Didi Kempot Dapat Penghargaan Langsung dari Presiden Suriname

 

Berhubung Suriname banyak suku Jawa yang menetap disana, Tentu soal selera musik penduduk Suriname masih suka unsur unsur Jawa.
Uniknya penyanyi yang terkenal disana bukan musisi asli dari Suriname , Malah Didi kempot musisi dari Indonesia,Didi Kempot menjadi idola disana dan di tegaskan oleh mentri dalam negri Suriname bernama Soewarto Moestadja.

“The most populer singer in Suriname,” begitu ungkap Soewarto berulang-ulang dalam sebuah konferensi di JCC beberapa tahun lalu.
Bahkan menurut perdana mentri Suriname penyanyi asal Indonesia itu sering memenangkan penghargaan disana, wow bangga ya sebagai penduduk Indonesia .

Baca Juga : 100 Ucapan selamat ulang tahun untuk diri sendiri

5 Jamu Indonesia Laris di Suriname

 

Setelah didi kempot menjadi idola di Suriname,Ternyata Jamu juga begitu laris di negara Suriname , ini bukti nyata jika Suriname begitu dekat dengan Indonesia khususnya suku Jawa.
Lewat minuman orang orang wonosobo yang laris terjual di negara Amerika tengah tersebut.
Orang Jawa dan jamu memang tidak bisa di lepaskan begitu saja,Termaksud orang Jawa Suriname yang mungkin rindu rasa beras kencur asal Indonesia .

6 Krisis Bahasa Jawa

Jawa-di-suriname (3)
Suku Jawa di Suriname

 

Walau banyak orang Jawa di Suriname ternyata saat ini Suriname sedang krisis bahasa Jawa,Banyak anak muda disana yang melupakan bahasa leluhur mereka,mereka menggunakan bahasa inggris untuk percakapan sehari hari.Ini disikapi menjadi hal
yang buruk oleh orang tua Jawa disana.
Faktanya untuk menghadapi masalah ini , Suriname pernah memninta bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk mencari guru bahasa Jawa dari Indonesia,Tetapi entah bagai mana kelanjutanya,Namun ini menjadi bukti kalau bahasa Jawa sangat penting disana.

Inilah beberapa fakta dari Suriname , Mungkin berbeda negara namun sejatinya mereka adalah saudara dekat kita, Mungkin dulu jika Belanda tidak mengirimkan mereka ,Tentu saja kita masih saudara senegara hingga saat ini .
Ternyata tidak hanya di Suriname di Belanda juga banyak orang orang Jawanya.

Facebook Comments
1 Comment
  1. […] baca juga : sejarah suku jawa di Amerika […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.