Cara Menyembuhkan dan Mengurangi Mata Minus Miopia dan Silinder

0

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat dan Alami.

Ihaxor. Pada dasarnya masalah mata terbagi dua yaitu Miopi dan Mata silinder yang kerap kali terjadi karena kebiasaan atau faktor keturunan. Paling sering terjadi karena maslah kebiasaan yaitu terlalu lama melihat atau membaca buku dari jarak dekat, saat kamu mulai mengalami mata pegal dan kepala pusing atau lainya itu menandakan kamu penderita rabun mata. Nah , berikut beberapa cara mengobati mata secara alami yang bisa kamu lakukan!

Mata-Minus-ihaxor

Pengertian Mata Minus

Mata minus atau Miopia adalah suatu kondisi di mana berkurangnya kemampuan mata untuk menangkap banyangan objek tepat di retina mata. Namun terkadang hanya kemampuan melihat objek dari jarak jauh saja berbeda saat melihat objek dari jarak dekat.

Mata minus memiliki tingkatan yang berbeda-beda, tingkatan ini ditandai dengan ukuran dioptri semangkin tinggi minusnya maka akan mengenakan dioptrinya semakin tinggi. yang paling rendah minusnya memakai ukuran dioptri 0,5 D dan yang paling tinggi memakai ukuran lebih dari 6D.  Namun penderita yang minusnya masih kecil tidak perlu kacamata dan penangan khusus.

Penyembuhan mata minus paling umun dilakukan dengan menggunakan kaca mata dan tidakan medis, seperti oprasi namun tentunya memiliki resiko dan biaya yang tidak sedikit.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara mengobati mata minus secara cepat dan alami , baiknya kamu mengetahui penyebab mata minus , gejala mata minus dan mengenal jenis mata minus.

 

Penyebab Mata Minus

Penyebab mata minus memiliki beberapa faktor yaitu gaya hidup dan faktor keturunan. Mungkin mata kamu minus karena salah satu faktor diatas. Berikut ini penyebab mata minus, yaitu :

  • Kurangnya asupan vitamin A
  • Keturunan atau genetika
  • Terlalu sering berinteraksi dengan Gadget  (komputer, handphone, laptop, TV)
  • Bola mata terlalu panjang
  • Kornea mata melengkung terlalu curam
  • Alergi
  • Bertambahnya usia
  • Kebiasaan melihat dalam jarak dekat
  • Kebiasaan membaca buku di tempat gelap dan dengan jarak dekat
  • Terlalu lama beraktifitas dalam ruangan

 

Gejala Mata Minus

Setelah kamu mengetahui tetang penyebab mata minus dan kamu merasa memiliki salah satu faktor diatas segera lakukan pencegahan yaitu dengan kamu mengetahui gejala yang timbul jika kamu akan terkena mata minus. Nah, berikut ini ada beberapa gejala mata minus, diantaranya :

  • Sering mengedipkan mata agar objek terlihat dengan jelas.
  •  Untuk Melihat objek dengan jelas kamu harus menyempitkan mata sebelah.
  • Mata menjadi mudah lelah dan tegang ketika dipaksa melihat objek dari jarak yang cukup jauh.
  • Mata menjadi memerah dan pedih saat menglami kelelahan.
  • Saat di depan komputer, laptop, Handphone terlalu lama akan membuat mata menjadi pegal dan sakit yang berasa disekitar mata.
  • Pusing atau sakit kepala saat memaksa mata melihat objek terus-menerus.
  • Saat berkendara atau mengemudi di malam hari kamu tidak bisa melihat dengan jelas berbeda pada saat berkendara disiang hari hal ini disebut juga dengan (night myopia)

 

Perbedaan Mata Silinder dan Mata Minus

myopia-dan-silinder-ihaxor
Perbedaan Myopia dan Silinder

Penyakit mata yang diderita oleh kebanyakan orang ada dua jenis yaitu mata silinder (astigmatisma) dan mata minus (myopia). Untuk itu kita kenali terlebih dahulu perbedaan mata silinder dan mata minus.

Mata Silinder (astigmatisma)

Mata silinder sendiri adalah panjang kornea mata antara vertikal dan horizontal yang tidak sama.

Salah satu penyebab mata silider adalah faktor keturunan dan riwayat keluarga. Selain faktor keturunan bisa juga karena gaya hidup yang tidak baik salah satunya menontontv dan membaca sambil tiduran.

Lain hal dengan mata minus mata silinder tidak akan bertambah bila kita menggunakan kacamata dengan ukuran yang tepat. Mata silinder akan bertambah apabila kita tidak menggunakan ukuran atau lensa mata yang tidak sesuai dengan ukuran aslinya. Selain menggunakan kacamata kamu juga dapat menggunakan soflens toric. lensa kontak yang khusus diperuntukan bagi penderita mata minus silinder.

Mata Minus (myopia)

Myopia atau yang biasa disebut juga dengan rabun jauh kondisi ini menyebabkan kamu kesulitan melihat objek dari jarak yang cukup jauh. Penyebab dari mata minus adalah bola mata yang terlalu panjang dan kornea mata yang terlalu pendek. Hal ini bisa saja didapat dari faktor keturunan, selain faktor keturunan bisa juga disebabkan faktor kebiasaan seperti telalu lama membaca atau bekerja di depan komputer dan laptop.

Mata minus cenderung mengalami bertambah terutama jika penderita masih dalam masa pertumbuhan maka minus juga akan bertambah dikarenakan sumbu bola mata yang akan ikut bertumbuh panjang.

 

Kapan Harus Memeriksakan Mata?

Tentunya kamu sekarang sudah mulai khawatir kapan harus memeriksakan Mata? dengan seiring bertambahnya usia maka kemampuan atau ketajaman mata juga akan mengalami penurunan. Saat kamu mengalami gejala atau kemungkinan mendapatkan kerusakan mata sebaiknya segera periksakan mata.

Untuk anak-anak bainya dilakukan pemeriksaan mata saat akan masuk ke sekolah ataupun saat telah bersekolah untuk pencegahan baiknya lakukan satu atau dua tahun secara rutin.

Untuk orang yang telah dewasa lakukan pemeriksaan rutin untuk pencegahan mulai usia menginjak 40 an  hingga 50 an pemeriksaan mata bisa dilakukan bisa dua atau empat tahun sekali dan pada usia 50 sampai 60 an bisa dilakukan satu atau tiga tahun sekali.

Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

Jika kamu sudah mengetahui pengertian mata minus, penyebab mata minus, gejala mata minus, jenis mata minus dan kapan harus memeriksa mata sekarang kamu harus mengetahui  bagaimana cara mengobati dan obat mata minus secara alami , cepat dan mudah.

Saat kamu mengalami gejala seperti yang di atas langkah pertama yang terlintas dipikiranmu adalah pegi ke dokter mata atau optik terdekat. kamu akan memerisakan apakah benar kamu mengalami mata minus atau tidak dan kemudian kamu akan direomendasikan untuk memakai kacamata untuk bantuan penglihatan.

Tapi sebenarnya jika kondisimu belum terlalu parah kamu bisa mengkomsumsi atau menggunakan bahan-bahan alami. Untuk itu, ihaxor disini memberikan beberapa cara untuk mengobati mata minus, diantaranya :

 

1. Mengkomsumsi Wortel

Cara yang pertama ini dengan menggunakan wortel. Kamu bisa mengolah wortel untuk di komsumsi, dengan cara wortel yang telah kamu olah bisa kamu jadikan jus , dibuat rebusan bahkan dimakan mentah. Tapi saat kamu mengolah wortel jangan terlalu lama memasaknya agar kandungan yang ada didalamnya tidak rusak.

Wortel kaya akan vitamin A, dimana sama kita ketahui vitamin A baik untuk tubuh kita. Untuk itu sebaiknya kamu mengkomsumsi wortel untuk menjaga dan memelihara mata agar tetap baik.

Mengkomsumsi wortel setiap hari dipercaya dapat mengurangi mata minus dan dengan minum jus wortel setiap hari selama beberapa waktu dapat meningkatkan kemampuan melihat bagi si penderita mata minus.

2. Mengkomsumsi Cepokak atau Rimbang

Selain wortel buah cepokak atau rimbang ini juga terbukti mengandung vitamin A yang cukup besar, sehingga baik untuk mengobati mata minus.

Untuk mengobati mata minus dengan buah cepokak atau rimbang ini cukup mudah yaitu dengan memakanya minimal5 buah dalam sehari dan dilakukan rutin setiap hari kurang lebih selam 2 bulanan sampai mata minus menghilang.

Rasa dari buah cepokak atau rimbang ini bisa dibilang cukup pahit. Buah yang satu ini biasanya dapat dengan mudah kita temui di halaman rumah karena buah ini sering tumbuh liar di pekaranagan.

3. Mengkomsumsi Buah Bit

Cara mengobati mata minus secara alami yang berikutnya dengan mengkomsumsi buah bit. Buah bit dipercaya dapat mengurangi dan menyembuhkan mata minus bahkan dapat menyembuhkan mata minus yang sudah cukup parah.

Buah Bit ini biasanya dioalah menjadi jus agar agar lebih menarik kamu bisa menambahkan buah belimbing sehingga menjadi lebih segar dan terasa kebih nikmat.

4. Menggunakan Daun Sirih

Salah satu cara menyembuhkan mata minus secara alami lainya dengan mengonsumsi daun sirih. Kandungan minyak ensesial yang terdiri dari kalvio, sineol, eugenol, dan kandinen dipercaya dapat membantu menyembuhkan mata minus.

Selain memiliki kandungan minya esensial daun siri juga memiliki kandungan minyak atsiri. Dimana minyak atsiri terdiri dari zat samak, gula, diatase, kavikol, apti dan seskuiterpen.

Biasanya utuk mengkomsumsi daun sirih diolah menjadi dua jenis yaitu daun sirih bisa kamu gunakan sebagai masker mata atau kamu dalam merendam mata ke dalam air daun sirih.

Saat kamu menggunakan daun sirih sebagai masker kamu cukup cuci daun sirih setelah bersih dan daun pun bisa kamu letakan di bagian mata sebagai masker mata agar lebih baik penggunaanya bisa kamu lakukan malam hari saat kamu hendak tidur dan biarkan sampai pagi hari.

Sedangkan jika kamu ingin menggunakan redaman air daun sirih caranya cukup mudah yaitu kamu ambil beberapa lembar daun sirih cuci bersih kemudian rendam daun sirih tersebut ke dalam tempat yang cukup besar agar kepala kamu bisa masuk.

Selanjutnya remas-remas daun sirih hingga air berubah menjadi hijau. Kemudian kamu bisa memasukan wajahmu dan rendam perlahan sambil kamu mengkedipkan mata beberapa kali.

Agar air daun sirih dapat bekerja maksimal dan masuk kedalam mata kamu bisa melakukan berulang ulang sampai hasilnya maksimal, sebaiknya setiap melakukanya kamu membutuhkan sekitar20 menitan.

5. Komsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya selain baik untuk merawat kulit dan merawat rambut lidah buaya juga bisa dikomsumsi. Mengkomsumsi lidah buaya juga menjadi salah satu cara mengobati mata minus secara alami.

Lidah buaya bisa kamu jadikan jus untuk kamu komsumsi baiknya kamu lakukan mengkomsumsi lidah buaya selama 7 hari terus-menerus. Memang rasa lidah buaya tidak terlalu bersahat untuk itu kamu bisa menambahkan madu, dan perasan jeruk lemon.

6. Dengan Terapi Lilin

Cara mengobati mata minus yang keenam yaitu dengan terapi lilin sabab terapi lilin dinilai ampun untuk mengobati mata minus.

Cara Menggunakan terapi lilin sangat mudah, kamu cukup menyediakan sebatang lilin lalu menyalakannya. Untuk memulai terapi kamu hanya perlu menatap ke arah lilin tersebut selama beberapa menit , selama proses berlangsung kamu baiknya tidak mengedipkan mata.

Lakukan terapi lilin lima hari sekali lakukan terus sampai hasilnya maksimal, namun perlu diingat jangan lakukan terapi lilin setiap hari. Usahakan saat menatap terapi lilin ini sampai air matamu keluar.

7. Terapi Matahari di Pagi Hari

Cara mengobati mata minus secara alami yang berikutnya  dengan terapi matahari. Terapi matahari yang dimaksud disini adalah dengan menjemur mata di pagi hari. Dengan cara memandang atau melihat ke arah matahari secara langsung namun dengan mata yang tertutup.

Lakukan sekitar lima menit atau lebih sampai matamu terasa hangat baiknya kamu lakukan setiap hari diapagi hari. Karena cahaya matahari dipagi hari sangat baik dan kaya akan mamfaat salah satunya yaitu asupan vitamin D dan minus dimatamu akan berangsur-angsur menghilang.

8. Melakukan Senam Mata

Cara kedelapan menyembuhkan mata minus secara alami adalah dengan melakukan senam mata. Baiknya kamu lakukan dipagi hari saat akan beraktifitas.

Cara melakukan senam mata disini hampir sama dengan senam pada umumnya hanya saja untuk senam yang satu ini kamu hanya mengerak-gerakan bola mata ke arah atas, bawah, kanan, dan kiri kemudian kamu lakukan gerakan mata memutar searah jarum jam beberapa kali minimal lima kali dalam sehari. Melakukan hal ini akan membuat otot mata kembali bekerja secara maksimal dan bola matapun akan bersih dan terlumasi.

Baca Juga : 30+ Contoh CV Menarik Dan Daftar Riwayat Hidup Untuk Lamaran Kerja

9. Melatih Fokus Penglihatan Dengan Salah Satu Jari

Cara mengobati mata minus selanjutnya adalah dengan melatih fokus mata dengan menggunakan salah satu jari tangan.

Disini kita menggunakan jari telunjuk cara melakukanya kamu hanya perlu meletakan jari telunjuk di depan matamu sejauh delaman hingga sepuluh centimenter kenudian kamu harus berfokus pada jarimu tersebut.

Setelah kamu rasa sudah fokus cobalah untuk menganti titik fokusmu dengan beda yang ada dibelakang jari telunjukmu tapi jangan sampai mengerakan kepala hanya mata saja yang bergerak.

Kamu bisa melakukanya beberapa kali dalam sehari dan terus mengulanginya di hari berikut, lakukan terus untuk memperoleh hasil yang maksimal.

10. Pijat Kelopak Mata

cara mengobati mata minus selanjutnya adalah dengan tekanan kecil atau pijatan kecil di kelopak mata.

Berbeda dengan terapi mata kali ini kita akan memijat kelopak mata cara melakukanya kamu cukup menekan-nekan atau memijat di sekitar area kelopak mata dibagian atas lakukan dengan perlahan dan tekanan yang ringan, usahakan menekan dan tahan setiap  dua detik sekali lakukan hingga beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Melakukan teknik Eye Palming

Cara mengobati mata minus secara alami berikutnya adalah dengan cara melakukan teknik Eye palming. Caranya dengan kamu menggosokan kedua telapak tangan hingga hangat.

Kemudian kamu bisa menempelkan telapak tangan ke kedua matamu dalam keadaan tertup diamkan hingga otot matamu tenang. Teknik ini dapat kamu lakukan kapan saja saat kamu merasa mata lelah.

12. Gunakan Kacamata Hitam Saat Berpergian Keluar

Cara mengobati mata minus secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kacamata hitam saat berpergian dan berkegiatan di luar ruangan. Menggunakan kacamata hitam disini dengan maksud untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari.

hasil penelitian menunjukan bahwa radiasi berlebihan dari sinar matahari yang terjadi dalam jangka panjang berisiko menimbulkan katarak dan penebalan jaringan di lapisan luar mata.

13. Lepas Kacamata

Cara mengobati mata minus secara alami yang terakhir dengan cara melepaskan kacamata ketika sudah tidakdiperlukan lagi. Dengan menggunakan kacamata membuat mata menjadi terbiasa fokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata yang berakibat otot mata menjadi kaku karena tidak ada pergerakan dari bola mata.

Baca Juga : 20 Film indonesia romantis terbaik versi ihaxor.com

Sekarang kamu telah mengetahui beberapa mengenai mata minus dan cara mengobati mata minus secara alami.

Diatas tadi adalah beberapa cara untuk mengobati mata minus secara alami. Tapi perlu kamu ingat cara-cara diatas harus rutin kamu lakukan tidak bisa sembuh secara isntan. untuk yang matanya masih bagus sebaiknya dijaga dan dirawat karena mengobati itu lebih sulit daripada menjaga.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.